Sejarah TCP/IP

| Jumat, 22 Januari 2016
Apa Kabar bagi pembaca blog ini, semoga sehat Amin.. Oke gua akan membagi tugas yang ane dulu kerjain yaitu tentang Sejarah TCP/IP.

TCP/IP


TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) jika diterjemahkan adalah Protokol Kendali Transmisi/Protokol Internet, adalah gabungan dari protokol TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol) sebagai sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet yang akan memastikan pengiriman data sampai ke alamat yang dituju. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (Protocol Suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini, karena protokol ini mampu bekerja dan diimplementasikan pada lintas perangkat lunak (software) di berbagai  Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack.

TCP/IP dikembangkan Departemen Pertahanan (DoD) Amerika pada tahun 1969. Proyek penelitian untuk menghubungkan jaringan yang berbeda nomor didesain oleh vendor berbeda ke dalam sebuah jaringan pada jaringan internet. Pada awalnya sukses karena kemampuan menyampaikan beberapa layanan dasar bahwa setiap orang membutuhkan (file transfer, electronic mail, remote logon) disebagian besar klien dan sistem server. Beberapa komputer dalam sebuah departemen kecil dapat menggunakan TCP/IP (secara bersamaan dengan protokol lain) pada jaringan LAN tunggal. Komponen IP menyediakan routing dari departemen ke jaringan perusahaan, kemudian ke jaringan regional, dan akhirnya ke internet global.

            Internet Protocol dikembangkan untuk menciptakan Jairngan diatas Internet. Mesin individual yang pertama terhubung ke LAN, Ethernet atau Token Ring. Andil TCP/IP dengan Novell FIle Server, Windows for Workgroups peer system adalah suatu perangkat yang menyediakan koneksi TCP/IP menghubungkan antara jaringan komputer seluruh dunia. Untuk memastikan bahwa semua jenis sistem dari semua vendor dapat berkomunikasi, TCP/IP adalah benar-benar ferstandar pada LAN. Namun jaringan, jaringan lebih besar berdasarkan jarak dan saluran telepon lebih baik stabil. Di Amerika Serikat, banyak perusahaan besar ingin menggunakan kembali jaringan internal besar berdasarkan IBM SNA. Di eropa, perusahaan telepon nasional secara tradisional distandarisasi pada X.25. Namun, Ledakan tiba-tiba mikroprosesor kecepatan tinggi, serat optik dan sistem telepon digital telah menciptakan ledakan pilihan bari ISDN, frame relay, FDDI, Asynchronous Transfer Mode (ATM). Teknologi baru muncul dan menjadikannya usang dalam beberapa tahun. TV kabel dan perusahaan-perusahaan telepon bersaing untuk membangun National Information Superhighway, tidak ada satu standarpun dapat mengatur komunikasi seluruh kota, nasional, atau di seleruh dunia.

Internet Protocol dikembangkan oleh Defense Advanced Research Project Agency (DARPA) pada tahun 1970 sebagai awal dari usaha untuk mengembangkan yang masing masing jaringan tersebut menggunakan teknologi yang berbeda. Protokol utama yang dihasilkan proyek ini adalah Internet Protokol (IP). Irset yang sama dikembangkan pula beberapa protokol level tinggi yang didesain dapat bekerja dengan IP. Yang paling penting dari proyek tersebut adalah Transmission Control Protocol (TCP), dan semua grup protocol diganti dengan TCP/IP suite. Pertama kali TCP/IP diterapkan di ARPANET, dan mulai berkembang setelah Univesitas California di Berkeley mulai menggunakan TCP/IP dengan sistem operasi UNIX.  Selain defense  Advance Research Project Agency (DARPA) ini yang mengembangkan Internet Protocol,  yang  juga mengembangkan TCP/IP adalah Department of defense (DOD). Untuk memudahkan proseskonversi, DARPA juga mendanai suatu proyek yang mengimplementasikan protokol ini ke dalam BSD UNIX, sehingga dimulailah perkawinan antara UNIX dan TCP/IP.

 Pada awalnya internet digunakan untuk menunjukan jaringan yang menggunakan Internet Protocol (IP) tapi dengan semakin berkembangnya jaringan, istilah ini sekarang sudah berupa istilah generik yang digunakan untuk semua kelas jaringan. Intenet digunakan untuk menunjuk pada komunitas jaringan World Wide yang saling dihubungkan dengan protokol TCP/IP.

            Perkembangan TCP/IP yang diterima luas dan praktis menjadi standar defacto jaringan komputer berkaitan dengan ciri-ciri yang terdapat pada protokol itu sendiri.

Sekian Dari Saya Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲